Profil Lulusan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam

Dari visi dan misi yang telah dirumuskan maka ditetapkanlah profil lulusan dari Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam sebagai berikut:

NOPROFILDESKRIPSI
1Akademisi dalam bidang Aqidah, Filsafat Islam dan TasawufMemiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, serta berfikir kritis dan  sistematis  dalam bidang keilmuan Aqidah, Filsafat  Islam dan Tasawuf
2Asisten Peneliti dalam bidang Aqidah, Filsafat Islam dan TasawufMemiliki kemampuan dalam melakukan penelitian bidang Aqidah, Filsafat Islam dan Tasawuf
3Praktisi dalam bidang Aqidah, Filsafat Islam dan TasawufMemiliki kemampuan dalam memberikan penyuluhan dan pendampingan pada bidang Aqidah, Filsafat Islam dan Tasawuf  

Dari profil di atas diharapkan lulusan dalam hal kemampuan kerja mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan, atau seni pada bidangnya. Dalam penyelesaian masalah, lulusan Prodi AFI harus mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Selain itu, lulusan juga harus mampu memamfaatkan IPTEK untuk menjelaskan masalah-masalah yang berkenaan dengan aqidah dan Filsafat Islam dalam konteks kehidupan multi kultural dan multi agama yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Kemudian, lulusan juga harus mampu beradaptasi dengan beragam kecenderungan kelompok masyarakat dalam konteks Aqidah Islam yang dapat menyikapi dengan arif beragam ideologi dan aliran pemikiran yang muncul dan berkembang di masyarakat melalui pendekatan keilmuan dan sosial kemasyarakatan.

Dalam penguasaan pengetahuan, lulusan mesti harus menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bahagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam. Maka untuk memenuhi hal ini, lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam harus mampu menguasai konsep-konsep, teori dan prinsip dalam bidang ilmu Aqidah dan Filsafat Islam secara mendalam. Tidak hanya itu, sebagai lulusan yang akan dipersiapkan untuk menjadi seorang peneliti, maka lulusan harus benar-benar menguasai kerangka metodologis dalam memetakan masalah yang terkait dengan masalah Aqidah dan filsafat Islam. Lulusan juga harus mampu menguasai teori-teori dasar ilmu aqidah dan filsafat Islam dalam rangka mengembangkan pemikiran Islam yang holistik serta memformulasikan pemecahan masalah keagamaan berdasarkan pendekatan teologi dan filsafat Islam.

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan profil lulusan yang telah disepakati, maka Program studi merancang mata kuliah sesuai dengan profil yang diharapkan. Berdasarkan hasil pertemuan dengan dosen-dosen program Studi Aqidah dan Filsafat Islam di rancang mata kuliah sesuai dengan Profil.

Dalam hal manajerial, lulusan harus mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data  serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Maka dari itu, untuk memenuhi kemampuan manajerial lulusan harus Mampu (1) mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam masalah aqidah dan filsafat Islam yang berkembang di masyarakat berdasarkan analisis informasi dan data-data yang diperoleh sehingga mampu menemukan alternatif solusi terbaik. (2) Mampu menganalisis permasalahan tentang problema aqidah dan filsafat Islam, memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. (3) Mampu memberikan solusi terhadap masalah sosial keagamaan dan kemasyarakatan dalam masyarakat multi agama. (4) Mampu bersikap rasional dan kritis terhadap masalah sosial keagamaan dan kemasyarakatan  dalam masyarakat multi agama yang dihadapi.

Selain itu, lulusan harus memiliki tanggung jawab manajerial. Tanggung jawab manajerial itu meliputi (1) Bertanggung jawab dalam melakukan penanganan masalah-masalah Aqidah dan Filsafat yang ada kaitannya dengan kemasyarakatan (2) Mampu merencanakan dan mengelola  sumber daya di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan Aqidah dan Filsafat untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis; (3) Mampu  bekerja  satu  tim  dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain;(4) Mampu bertanggungjawab  atas keputusan yang diambil; (5) Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut.

Program aqidah dan filsafat Islam juga mempunyai potensi untuk menghasilkan lulusan dengan profesi sebagai berikut

  1. MUBALIGH

Sebagai alumni Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (Islam) yang mendalami kajian dalam persoalan-persoalan aqidah, dimana keilmuannya sangat ditunggu-tunggu oleh umat, sebagai gerbang terdepan dalam membentengi umat dari penyesetan aqidah, sudah menjadi tanggung jawab sebagai alumni untuk memberikan warna ketengah-tengah masyarakat, dan sebuah tugas mulia yang diemban oleh seorang alumni dan juga merupakan tugas yang berat yang banyak digeluti oleh para lulusannya, dimana pengaruhnya dan kehadirannya sangat dirasakan oleh masyarakat.

  1. TENAGA PENDIDIK

Tidak ketinggalan dalam dunia pendidikan, kiprah lulusan AFI tidak hanya menyebar ke akar rumput (masyarakat) akan tetapi juga tidak lupa mengisi lini dalam dunia pendidikan untuk mempersiapkan generasi berikutnya yang siap untuk berkiprah untuk agama, masyarakat dan negara. Para lulusannya dapat ditemukan hampir disetiap tingkat pendidikan, mulai dari guru sekolah, dosen, hingga menjabat sebagai pimpinan pada isntansi pendidikan tersebut, mulai dari kepala sekolah hingga rektor, baik pada perguruan swasta atau negeri.

  1. APARATUR NEGARA

Lulusan dari prodi AFI banyak juga mengabdikan diri mereka dan ilmunya diberbagai lini dalam struktur pemerintahan, baik pada kementrian agama dari eselon 4 hingga eselon 1-nya, begitu juga pada pemerintahan pusat, ataupun daerah, dan tidak ketinggalan pada sektor keamanan negara, diantara alumninya ada yang berkiprah di kepolisian dan juga  sebagai TNI.

  1. WIRASWASTA

Sekalipun lulusan dari Prodi AFI, bukan berarti mereka tidak dibekali dengan kemampuan untuk berwirausaha, karena di AFI sendiri memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah pilihan yang mereka sukai, mulai dari kewirausahaan, hinggga IT. Lulusan AFI memang sudah disiapkan untuk siap mengisi segala lini kehidupan dan survive dimanapun mereka berada dan apa-pun profesinya. Dan mereka banyak membantu memberikan bantuan beasiswa untuk adik-adik tingkatnya yang membutuhkan melalui beasiswa alumni.

  1. PUBLIC FIGUR

Lulusan AFI juga memberikan sumbangsih pemikirannya sebagai public figure, dengan keilmuannya, menjadi corong utama untuk menyampaikan aspirasi umat melalui dunia politik sebagai anggota legislative, pusat dan daerah, kepala daerah, politisi, atau   bahkan pada badan sosial kemasyarakatan seperti ormas, LSM-LSM dan lain sebagainya.