Orientasi Prodi Aqidah dan Filsafat Islam

Program studi Aqidah dan Filsafat Islam yang berada di bawah naungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang, sebagai lembaga pendidikan, lembaga ilmiah, lembaga dakwah yang berdiri sejak tahun 1966, dan telah telah menghasilkan lebih kurang 1.100 orang sarjana yang telah bekerja diberbagai lapangan pekerjaan baik di pemerintah maupun swasta, memiliki orientasi sebagai berikut:


1. Orientasi Keilmuan.

  • Sebagai upaya untuk merumuskan konsep Aqidah Islam yang bersumber dari al-Quran dan Hadis Nabi Saw.
  • Memahami kembali konsep ontologi Aqidah Islam yang telah dirumuskan oleh pemikir-pemikir Islam terdahulu, sehingga dapat dipahami dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Islam.
  • Memahami dan merekonstruksi pandangan teologi yang hidup dalam masyarakat yang telah menjadi system budaya masyarakat tersebut. Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan proses pembumian Aqidah Islam dalam konteks kekinian.

2. Orientasi Kelembagaan

  • Menjadikan Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam sebagai lembaga ilmiah yang produktif dan dinamis. Untuk itu perlu dibangun kultur yang kondusif, yaitu kultur kritis, komunikatif, sikap bertanggung jawab dan konsisten dalam mengemban tugas kelembagaan sesuai dengan fungsi dan spesifikasinya.
  • Menjadikan Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam sebagai lembaga keagamaan yang bertanggungjawab dalam membangun dan menumbuh suburkan budaya tauhid dalam semua aspek kehidupan .